Cara Menata Ruang Tamu Agar Lebih Estetis dan Nyaman

Bagi banyak orang, kehadiran ruang tamu sangat penting, karena dianggap mampu menggambarkan kepribadian pemilik apartemen. Ruang tamu dapat dibandingkan dengan gerbang utama, yang merupakan seluruh tempat di mana Anda tinggal.
Dengan kata lain, jika ruang tamu terlihat rapi dan tertata dengan baik, para tamu bisa mendapatkan kesan bahwa seluruh rumah terawat dengan baik oleh pemiliknya. Sesuai dengan namanya, fungsi utama ruang tamu adalah untuk menyambut pengunjung atau mengadakan acara tertentu di rumah.

Berbeda dengan ruang keluarga, ruang tamu terlihat lebih formal. Oleh karena itu, cukup banyak keluarga yang memisahkan ruang tamu dan ruang keluarga mereka untuk tetap memiliki tempat pribadi ketika menghabiskan waktu bersama keluarga. Penting bagi anda untuk mempelajari cara menata ruang tamu yang tepat agar tamu merasa nyaman dan memberikan kesan yang baik.
Bagai

Pada artikel ini Anda akan menemukan beberapa tips untuk mengatur ruang tamu yang dapat anda coba:

  1. Sesuaikan ukuran ruang tamu dengan furnitur
  2. Tentukan palet warna
  3. Pilih titik fokus ruangan
  4. Perhatikan pencahayaan ruangan
  5. Menciptakan ruang antara furnitur dan dinding
  6. Ciptakan ruang untuk komunikasi
  7. Pilih furnitur multifungsi
  8. Gunakan ukuran karpet yang tepat
  9. Pilih meja besar
  10. Tambahkan hiasan dinding

Cara Menata Ruang Tamu Agar Lebih Estetis dan Nyaman

1. Sesuaikan ukuran ruang tamu dengan furnitur

Aturan pertama saat menata ruang tamu adalah memastikan ukuran ruangan. Langkah ini penting agar furnitur yang anda beli tidak membuat ruangan terlihat sempit atau berantakan. Jika Anda meletakkan furnitur yang terlalu besar, ruang untuk bergerak akan terbatas dan ilusi sesak akan tercipta alih-alih terlihat nyaman.

2. Tentukan palet warna

Sebagai ruangan yang meninggalkan kesan pertama untuk apartemen, sangat penting untuk menjaga ruang tamu tetap bersih dan estetis. Caranya: Pilih palet warna yang cocok dan hindari wallpaper dengan pola besar, karena ini bisa membuat mata kurang menyenangkan.
Anda dapat memilih palet warna seperti nada bumi, alami atau pastel, yang akan menciptakan suasana hangat dan sejuk. Penataan ruang tamu ini memudahkan pemilihan furnitur dan warna benda lain yang akan ditempatkan di ruang tamu.

3. Pilih titik fokus ruangan

Tak kalah penting dari memilih palet warna, menentukan titik fokus di ruang tamu bisa membantu dalam penataan furnitur. Misalnya, jika ruang tamu didominasi warna putih, pilihlah meja kayu dengan sentuhan ringan tanaman hijau sebagai bagian tengah ruangan.
Tempatkan meja Pada sudut yang dapat dilihat untuk pertama kalinya ketika memasuki ruang tamu, dan atur sofa dan furnitur lain di sekitarnya. Cara menata ruang tamu ini bisa membuat kesan ruangan lebih luas dan rapi.

Jangan letakkan TV di sebelah jendela, karena sinar matahari akan menyebabkan suhu naik, yang mungkin merusak komponen di dalamnya.

4. Perhatikan pencahayaan ruangan

Sebagai salah satu elemen terpenting dalam ruangan, pastikan pencahayaan ruang tamu tertata dengan baik. Kombinasikan cahaya alami tidak hanya dengan memasang jendela besar, tetapi juga dengan berbagai jenis lampu ruangan.
Untuk menyeimbangkan, gunakan pencahayaan dari ketinggian mata yang berbeda, misalnya lampu di langit-langit, lampu meja dan lampu lantai. Setiap lampu dapat memberikan kesan yang berbeda, seperti lampu lantai di samping sofa, sehingga ruangan terasa hangat dan membantu Anda untuk membaca.

5. Ciptakan ruang antara furnitur dan dinding

Trik yang satu ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi jika Anda menyisakan sedikit ruang antara furnitur dan dinding, itu dapat menciptakan ilusi bahwa ruang tamu akan terlihat lebih besar. Anda dapat menerapkan ini dengan tidak membiarkan furnitur seperti sofa menempel langsung ke dinding. Cara menata ruang tamu ini tidak hanya terlihat lega, tetapi juga dapat mencegah sofa kulit berjamur dari kelembaban.

6. Ciptakan ruang untuk komunikasi

Ruang tamu harus menjadi tempat yang nyaman untuk berbicara dengan tamu. Untuk menciptakan suasana yang akrab dan bersahabat, anda bisa mengaplikasikan dekorasi ruang tamu dengan menata sofa atau kursi sehingga menyerupai huruf “L” atau “U”.
Posisi sofa dan kursi yang berdekatan memungkinkan orang untuk berbicara dengan santai, tanpa perlu volume yang keras. Ini akan membuat percakapan lebih menyenangkan.
Sofa yang nyaman dan estetis adalah kunci keindahan ruang tamu di rumah. Begitu pula saat memilih rumah, jangan lupakan ruang tamu, perhatikan tata letak dan lebarnya.

7. Pilih furnitur multifungsi

Penataan ruang tamu dengan furnitur multifungsi sangat cocok untuk ruang terbatas. Seperti halnya meja, pilih tidak hanya makanan atau minuman di atasnya, tetapi juga meja dengan ruang penyimpanan atau laci di bawahnya. Sekarang Anda tidak perlu khawatir ruang tamu terlihat penuh, karena Anda dapat menyimpan majalah dan barang-barang lainnya di bawah meja.

8. Gunakan ukuran karpet yang tepat

Penggunaan karpet di ruang tamu memang bisa mempercantik ruangan. Namun, disarankan untuk memilih karpet dengan ukuran yang tepat, yang dapat menutupi semua furnitur di atasnya. Sisakan sedikit ruang yang tidak berkarpet untuk menunjukkan keindahan lantai atau vinil Anda.

9. Pilih meja besar

Selain memilih furnitur multifungsi, cara lain untuk menata ruang tamu agar ruangan terlihat lebih indah adalah dengan memilih meja yang besar. Ukuran meja besar di tengah ruang tamu membuat ruangan terlihat lebih estetis dan dapat menampung beberapa dekorasi, seperti vas bunga dan aromaterapi.
Meja besar juga akan membantu Anda menentukan lokasi sofa atau furnitur lain di sekitarnya sehingga terlihat rapi. Jangan lupa sediakan jarak minimal 45 cm antara meja dan sofa sebagai ruang gerak.

10. Tambahkan hiasan dinding

Dinding ruang tamu yang sederhana tentu akan terlihat lebih indah jika ditambahkan cermin, lukisan, atau dekorasi lainnya. Tapi jangan hanya menggantung dekorasi, tapi pastikan ukurannya tidak terlalu kecil.
Dekorasi yang terlalu kecil tidak hanya kurang terlihat, tetapi juga tidak mempengaruhi ruang tamu Anda secara signifikan. Jika Anda berencana untuk menggantung lukisan atau dekorasi lain di dinding, pastikan ukurannya setidaknya 2/3 dari sofa ruang tamu.
Trik lain: Anda dapat mengatur beberapa bingkai atau lukisan kecil sehingga terlihat lebih besar dan menonjol. Namun, jika karya seni yang ingin Anda gantung terlalu kecil, gunakan bingkai besar dengan aksen kayu atau warna yang menarik untuk menarik perhatian tamu.
Nah, inilah cara menata ruang tamu, yang bisa anda terapkan untuk menonjolkan ruang tamu dan membuat kesan yang baik pada kerabat. Saat menerapkan penataan ruang tamu di lantai atas, Anda tidak perlu takut bereksperimen dengan warna dan motif yang Anda sukai. Tingkatkan referensi sehingga hasilnya lebih memuaskan.

About the author: administrator

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *