12 Cara Bikin Rumah Jadi Lebih Sehat dan Nyaman

Bagaimana perasaan Anda saat memasuki rumah? Senang, tenang atau hanya stres?
Apa pun yang Anda alami di luar sana, rumah Anda harus menjadi tempat di mana Anda menemukan kedamaian. Karena itu, Anda harus membuat dekorasi rumah sedemikian rupa agar tidak menambah beban dan energi negatif bagi tubuh dan pikiran.

“Rumah Anda harus dapat mendukung dan menenangkan Anda, atau sebaliknya, Anda mungkin kehabisan energi dan stres,” kata Christa O’leary, desainer interior, pakar conscious living dan CEO serta pendiri Home and Harmony Lifestyle. Dia berpendapat bahwa di dunia yang rumit kita membutuhkan tempat di mana kita bisa tenang. Dan rumah kita harus menjadi pilihan pertama.

Untuk menemukan rumah yang nyaman dan menciptakan ketenangan pikiran, Anda dapat melakukan beberapa hal. Salah satunya adalah memberi setiap ruangan dekorasi yang tepat. Jalan apa?

Rutin Bersih-Bersih

Saat Anda memasuki ruangan yang bersih, Anda merasa nyaman dan betah. Sebaliknya, jika Anda memasuki ruangan dalam kondisi kotor, Anda akan merasa tidak nyaman dan tidak nyaman. Ini disebabkan oleh fakta bahwa semua kondisi dan sampah yang tidak rapi menarik energi negatif.

Jika kondisi rumah bersih, mereka secara otomatis akan menghilangkan energi negatif. Untuk alasan ini, rumah atau tempat kerja harus sering dibersihkan agar nyaman dan meningkatkan energi positif.

Menghias setiap ruangan

Ingatlah bahwa setiap ruangan di rumah memiliki arti dan fungsi penting bagi anda. Termasuk gudang dan Kamar tamu, yang jarang kita kunjungi ketika tidak perlu.

Karena merasa bahwa ruangan tidak penting, kita sering tidak peduli tentang apa pun di dalamnya. Barang menumpuk, debu tidak dibersihkan, sampai ke jendela, yang tidak pernah dibuka. Kondisi seperti ini dapat berdampak negatif pada pemilik rumah. Karena mereka tahu ada sesuatu yang salah, tetapi malas membersihkannya, karena kondisinya terlalu buruk.
Karena itu, pertimbangkan semua ruangan di rumah Anda penting. Bahkan jika tidak ditempati atau tidak diperlukan, bersihkan secara teratur dan hiasi ruangan agar ruangan terasa hidup.

Pilih warna yang tepat

Tahukah Anda jika warna rumah dapat memengaruhi kondisi psikologis anda? Menurut Claire Bond, seorang terapis warna dari Afrika Selatan, warna memiliki kekuatan tersendiri yang berdampak pada otak dan tubuh manusia. Misalnya, warna hijau muda yang memiliki efek menenangkan.
Karena itu, warna ini sangat cocok untuk desain kamar. “Setelah seharian bekerja, pikiranmu akan lebih rileks saat melihat warna hijau muda di dalam ruangan,” lanjut Claire.
Dia menyarankan untuk tidak berlebihan, Anda tidak perlu mengecat semua bagian ruangan, hanya di satu sisi ruangan. Kemudian padukan dengan furnitur berwarna putih agar kamar tidur Anda terlihat lebih modern.

Hindari menampilkan sesuatu yang mengingatkan pada hal yang buruk

Kenangan buruk terkadang bisa muncul karena berbagai hal. Beberapa di antaranya melalui foto atau pajangan yang memiliki riwayat tertentu.
Hindari menampilkan foto atau barang lain yang dapat mengingatkan Anda tentang saat-saat buruk untuk menghindari suasana sedih dan kesal di rumah. Misalnya, tampilkan foto mantan kekasih atau jauhkan barang-barang dari orang lain yang telah menyakiti Anda.

Hiasi rumah Anda dengan kutipan inspirasional

Setiap orang membutuhkan inspirasi mereka sendiri, yang terkadang bisa kita dapatkan dari daerah tempat kita tinggal. Salah satunya adalah berpikir positif.
Kita dapat menghasilkan pemikiran positif ini dengan menampilkan papan dengan kutipan positif dalam model desain yang berbeda. Kutipan ini tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga memberikan energi yang baik untuk semua orang yang membacanya di rumah.

Letakkan tanaman hijau atau bunga di dalam ruangan

Pemilihan tanaman sebagai salah satu dekorasi rumah bukan tanpa alasan. Sebuah studi baru mengatakan bahwa menambahkan tanaman di rumah dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan penghuni.
Tanaman tidak hanya mempercantik dekorasi ruangan, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas udara, mendetoksifikasi racun, partikel kecil dan debu di udara. Karena itu, letakkan tanaman hijau di setiap sudut ruangan. Anda dapat memilih tanaman gantung atau bahkan bunga untuk memberikan berbagai variasi dekorasi.

Memperluas ruang terbuka

Percaya atau tidak, banyaknya ruang terbuka di dalam rumah dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat dan tenang. Karena udara yang terperangkap di dalam rumah bisa lebih berbahaya daripada udara di luar ruangan. Untuk melakukan ini, pastikan jendela berfungsi dengan baik sehingga anda dapat membukanya setiap hari dan menjaga sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik.
Jika Anda sedang membangun rumah sendiri, cobalah untuk menciptakan ruang terbuka yang dapat membiarkan cahaya alami dan udara masuk ke dalam rumah.

Jangan biarkan hama hidup

Hama adalah salah satu sumber penyakit yang harus anda hindari di ranah domestik. Serangga, rayap, kecoa, tikus dan lain-lain adalah jenis hama yang paling sering menimbulkan masalah di rumah.

Ada banyak masalah yang dapat ditimbulkan hama di rumah Anda, misalnya kerusakan pada beberapa bagian rumah, bau menyengat, kotoran hama dan lain-lain. Semua ini tentu begitu mengganggu dan dapat menyebabkan berbagai penyakit. Cegah hama ini memasuki rumah dan jangan mengosongkan ruang sehingga Anda tidak perlu khawatir menyingkirkannya nanti.

Kelola sampah dan limbah dengan baik

Anda juga perlu mengelola sampah rumah tangga Anda dengan baik, termasuk sampah yang dihasilkan setiap hari. Anda dapat melakukan ini dengan banyak cara, mulai dari memasang septic tank hingga saluran pembuangan di rumah Anda. Selain itu, kelola sampah di rumah Anda dengan benar agar tidak berbau dan menimbulkan masalah.

Mengelola sistem air bersih dengan baik

Anda jangan lupa untuk mengatur sistem air bersih di rumah secara rutin. Jika Anda menggunakan air keran, pastikan semua keran telah dipasang dengan sistem filtrasi yang sesuai.

Ini akan memastikan bahwa air tersebut cocok untuk dikonsumsi dan digunakan untuk berbagai kebutuhan di rumah Anda. Anda dapat melakukan hal yang sama untuk air yang berasal dari pompa sumur.

Hindari bahan yang terbuat dari bahan kimia berbahaya

Jika Anda sedang membangun rumah atau bahkan melakukan perbaikan pada beberapa bagian, pastikan untuk hanya menggunakan bahan yang aman dan ramah lingkungan.

Jangan menggunakan bahan yang mengandung bahan kimia berbahaya, karena dapat menyebabkan penyakit dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Ada banyak bahan yang mengandung bahan kimia berbahaya, seperti pengencer, peralatan PVC, beberapa jenis cat dan lain-lain

Tempatkan barang sesuai dengan tempatnya

Jika Anda sering bingung ketika mencari kunci mobil atau gunting kuku di rumah, karena Anda suka menyimpannya dengan sembarangan, investasikan waktu untuk mengatur barang-barang kecil seperti itu dengan memberi mereka tempat sendiri. Gunakan toples kecil atau mangkuk khusus untuk menampung barang-barang kecil yang mudah hilang di rumah.
Ini juga membutuhkan banyak disiplin. Karena kadang-kadang tempat itu sudah ada, tapi kita sebagai pemilik rumah yang masih suka sembarangan meletakkan barang-barang. Biasakan untuk meletakkan segala sesuatu pada tempatnya agar kita tidak panik, bingung dan stres saat kita mencari barang di rumah.

Ladies, apakah Anda siap untuk mengatur ulang dekorasi rumah agar lebih nyaman?

About the author: administrator

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *